Home » Sains » Sains: Penjelasan dan Contoh Kasus Tentang Kecepatan & Bunyi

Sains: Penjelasan dan Contoh Kasus Tentang Kecepatan & Bunyi

Thursday, January 31st 2013. | Sains


Seadainya saya bisa mengemudikan mobil lebih cepat dari kecepatan bunyi, dapatkah saya masih mendengarkan suara radio?

Jawabannya adalah YA! Alasannya karena mobil tidak dirancang cukup ramping dan kuat untuk dapat berlari melebihi kecepatan bunyi. Atau kita dapat juga mengajukan pertanyaan sejenis yang akan langsung menjawab hal ini. Pada pesawat terbang supersonik Concorde, masihkah penumpangnya dapat berbincang – bincang? Tentu saja dengan harga tiket pesawat yang sangat mahal, mereka menuntut hal tersebut harus dapat terjadi. Tetapi bagaimana hal tersebut terjadi, ketika mereka tengah melaju dengan kecepatan yang super tinggi dari pada bunyi?

Sains: Penjelasan dan Contoh Kasus Tentang Kecepatan & Bunyi

kecepatan bunyi

Seandainya kita tengah berkendara lebih cepat dibandingkan  bunyi, kita, kendaraan, radio serta penumpang akan melaju dengan kecepatan tepat sama relatif terhadap pemandangan di sekitar kita. Oleh karena itu, semua penumpang berada didalam perahu yang sama sehingga ketika mengangkut bunyi, poin yang harus kita sadari adalah bahwa kita, radio, kendaraan tidak sedang bergerak terhadap yang lainnya.

Radio misalnya, ia memiliki hubungan ruang (spatial) yang sama dengan kita sehingga seolah kendaraan yang kita tumpangi nampak diam saja dari dalam. Oleh karena itu, radio memancarkan gelombang radio melalui udara di dalam mobil ke dalam pendengaran (telinga) dengan kecepatan bunyi, sehingga seperti nampak tak ada hal istimewa yang berlangsung.

Akan tetapi, andaikan kita melaju dengan tanpa speedometer, bahkan pula tak menyadari sedang bergerak kecuali dari suara bising dan getaran angin juga ban. Apa yang terjadi bila kita menaiki mobil supersonik tanpa terlindung oleh kaca depan, sementara radio terletak di belakang? Dapatkah kita masih mendengarnya? Tidak!

Seandainya pun tak ada hembusan angin yang sangat kencang yang memungkinkan untuk memekakkan telinga kita, bunyi suara yang dikeluarkan oleh radio tetap lah tidak dapat kita dengar! Mengapa? Karena gelombang radio memancarkan suara melalui udara dengan kecepatan bunyi melalui transmisi pergerakan udara. Namun oleh karena angin berhembus dari depan ke belakang menjauhi kita, maka bunyi radio tak akan pernah bisa mencapai telinga kita.

Bunyi hanya terdengar bagaikan perahu dayung yang didayung ke tepian lebih lambat dibandingkan kecepatan aliran air ke hilir. Sama hal nya dengan radio yang mendapatkan sinyalnya dari gelombang radio, bukan dari gelombang bunyi. Dan gelombang radio melaju dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya serta jutaan kali dari kecepatan bunyi. Maka, secepat apapun pergerakan mobil, tetap tak mempengaruhi kerja radio sendiri.

Demikianlah informasi mengenai Sains: Penjelasan dan Contoh Kasus Tentang Kecepatan & Bunyi. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Bahasa Indonesia lainnya mengenai:

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.