Home » Artikel Unik » Lubang Neraka Dari Turkmenistan Yang Abadi

Lubang Neraka Dari Turkmenistan Yang Abadi

Monday, February 4th 2013. | Artikel Unik


Lubang Neraka – Di jantung Gurun Karakum, Darvaza, Turkmenistan terdapat sebuah lubang berukuran 2 kali lapangan sepakbola yang terlihat menganga dengan jilatan api menjulur di sekitarnya. Penduduk setempat kemudian menjulukinya “Pintu Neraka” karena gambarannya yang mengerikan. Lokasinya sekitar 260 km dari ibukota Ashgabat, Turkmenistan.

Sejak lama daerah Asia Tengah ini memang dikenal memiliki kekayaan gas alam yang melimpah. Beberapa ahli memperdebatkan area posisinya apakah di Uzbekistan atau Turkmenistan, namun merujuk pada koordinat 40° 15,10 “N 58 ” 26,22 “E jelas bahwa posisinya ada di Turkmenistan.

Lubang Neraka Dari Turkmenistan Yang Abadi

Lubang Neraka

Tahun 1971 beberapa ahli geologi Russia mencoba melakukan pencarian gas alam dengan cara menggali area tersebut. Saat pengeboran itulah muncul lubang yang diduga mengandung endapan gas. Namun para ahli menyebutkan bahwa gas ini mengandung metana dan beracun sehingga akan mengganggu.

Karena sudah mengudara dan khawatir merusak atmosfer, mereka kemudian melakukan pembakaran, selain untuk meredakan efek gas racun tersebut mereka juga berharap bisa melakukan penambangan kembali dan api segera padam. Tetapi apa yang terjadi? Ledakan besar justru terjadi sehingga menyebabkan beberapa peralatan pengeboran terperosok ke dalamnya. Beberapa penduduk setempat lalu diungsikan, namun tidak ada laporan korban akibat ledakan gas beracun tersebut. Lubang pun makin menyebar ke area sekitarnya sehingga besarnya terlihat seperti sekarang dengan diameter mencapai 70 meter.

Anehnya, api terus menyala bahkan saat hujan sekalipun. Artinya, api ini tidak pernah padam selama hampir 37 tahun! (mirip seperti api abadi di Mrapen). Bau belerangnya bahkan cukup kuat saat mendekati kawasan ini. Beberapa ahli kemudian menyebut jika kasus gas ini mirip juga dengan apa yang terjadi pada lumpur Sidoarjo, hanya beda di objeknya saja. Lubang Neraka Turkmenistan bahkan menjadi objek wisata mengasyikan, terutama jika dikunjungi malam hari di mana cahayanya dapat dilihat sampai beberapa mil jauhnya.

Bagaimana tertarik untuk berwisata ke Pintu Neraka atau Lubang Neraka di Turkmenistan ini? :-)

Demikianlah informasi mengenai Lubang Neraka Dari Turkmenistan. Semoga menambah wawasan.

Artikel Bahasa Indonesia lainnya mengenai:

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.