Home » Artikel Unik » Alquran Tertua Di Dunia Ditemukan

Alquran Tertua Di Dunia Ditemukan

Tuesday, October 16th 2012. | Artikel Unik


 

Alquran Tertua Di Dunia Ditemukan

Sebuah Alquran ditemukan di Yaman oleh seorang penduduk kota. Bentuk fisik dari Alquran terlihat sangat lusuh dengan lembaran kertas yang sudah menguning. Kitab suci agama Islam tersebut ditemukan didalam sebuah Goa terpencil yang terdapat di gunung sebelah selatan Kota Dhale, Yaman. Menurut berita yang dilansir oleh World Bulletin, Alquran tersebut ditemukan oleh pemuda tersebut ketika sedang melakukan Hiking dipedalaman pegunungan.

Pemuda itu kemudian melihat sebuah gua lalu menghampirinya karena penasaran. Di dalam gua tersebut ia melihat sebuah benda yang terbungkus oleh bungkusan berwarna hitam yang terbuat dari kulit, dan ketika diperiksa ternyata isinya adalah sebuah Alquran. Kitab tersebut diperkirakan telah berumur hampir 1200 tahun, merujuk kepada tulisan yang terdapat pada halaman depan Alquran, 200 Hijriyah atau menunjukkan tahun 815 masehi menurut penanggalan islam.

Alquran Tertua

Setelah ditelusuri lebih jauh mengenai keaslian dari Alquran tersebut, ternyata dipastikan bahwa semua tulisan yang script yang dituliskan di kitab tersebut adalah asli. Kesimpulan tersebut didasarkan oleh penelitian dari ilmuwan dan sejarahwan terhadap bentuk tipografi dan manuskrip yang digunakan dalam Alquran tersebut yang masih menggunakan bahasa Arab lama yang tidak menggunakan titik – titik hitam seperti halnya tulisan Arab yang dipakai sekarang ini.

Kendati mendapatkan tawaran uang sekitar 12 juta Riyal atau setara 538 juta rupiah, pemuda ini menyatakan tidak akan menjual benda tersebut dan akan menyimpannya. Benda lainnya yang juga ditemukan bersamaan dengan Alquran tersebut adalah sebilah pedang Zulfiqar. Pedang Zulfiqar juga dikenal sebagai pemberian Nabi Muhammad SAW kepada menantunya, Ali bin Ali Thalib.

Demikianlah informasi mengenai Alquran Tertua Di Dunia. Semoga bermanfaat.

Artikel Bahasa Indonesia lainnya:

Penemuan Makhluk Aneh Di Manhattan Amerika

Ikan Beracun & Jenis Ikan Beracun Yang Kerap Kita Temui

Kisah Legenda Desa Legetang Di Dieng

 

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , , ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.