Senjata Pindad SPR – Senjata Canggih Buatan Indonesia

Senjata Pindad SPR – Senjata Canggih Buatan Indonesia

Artikel Bahasa Indonesia ( Artikel Pengetahuan ) – Pindad merupakan satu-satunya pabrikan resmi dalam negeri yang bergerak dibidang pembuatan senjata dan alat-alat militer yang sudah berdiri sejak jaman Belanda. Badan yang dikelola oleh Angkatan Darat ini kemudian berubah status menjadi perusahaan BUMN dengan nama PT PINDAD.

Industri yang dikelola oleh PT PINDAD meliputi senjata, kendaraan perang, kelautan hingga perlengkapan kereta. Sebagai warga indonesia, kita boleh sedikit berbangga karena senjata pindad yang diproduksi di Indonesia tersebut cukup banyak yang diekspor ke negara lain.

Dari sekian banyak senjata pindad yang diproduksi, terdapat sebuah senapan canggih yang bernama SPR.

Senjata Pindad

Senjata Pindad – SPR

SPR2 merupakan senjata runduk laras panjang (sniper) antimaterial yang dibuat secara khusus dengan kemampuan untuk menembus bahan metal / baja. Salah satu senjata andalan TNI ini menggunakan kaliber peluru 12.7mm x 99 atau kaliber .50 dengan slot 5 peluru per-senjata.

Senjata Pindad tipe ini merupakan varian dari senjata runduk dari yugoslavia seperti Black Arrow M93, Barret M82, M90, M95, M99, M107 dari Amerika, SVN-98 ( Rusia ), Steyr IWS-2000 ( Austria ), PGR UM-Hecate ( Prancis ) dll yang diperkirakan terdapat 25 jenis varian dari seluruh dunia.

Menurut Dede Tasiri selaku designer senjata di PT PINDAD, Senjata Pindad SPR2 ini memiliki kualitas yang sama dengan senjata – senjata varian buatan luar negeri seperti yang disebutkan diatas dengan harga yang jauh lebih murah. Sebagai perbandingan untuk harga satu pucuk Black Arrow M93 buatan Yugoslavia adalah seharga 1 miliar!

Hingga saat ini Senjata Pindad SPR memiliki beberapa varian yaitu SPR1, SPR2, SPR3. Semuanya didesain untuk menembus lapisan baja seperti kendaraan tank perang, tembok pelindung dan bahan material tebal lainnya. Kemampuan senjata pindad ini mampu mencapai jangkauan tembak hingga 900m!

Sebagai warga Indonesia, kita boleh sedikit berbangga karena senjata Pindad ini boleh dikatakan istimewa karena harga per-unit untuk sebuah senjata runduk rata-rata sangatlah mahal sehingga negara pembeli non-produsen yang memiliki dana terbatas pada umumnya tidak dapat memiliki banyak unit senjata ini.

Selain SPR, senjata Pindad lainnya yang juga menjadi andalan TNI, Kopassus, Densus88 antara lain SS3-V1, SS3 V1 – SPG2, SS3 V2 CQB dll yang semuanya didesain secara khusus untuk dapat dipergunakan secara efektif dan cepat.

Demikianlah tulisan mengenai senjata pindad. Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya mengenai:

Melatih Kesabaran – Beberapa Tips & Praktek

Sejarah Jakarta – Awal Hingga Sekarang


TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan