Home » Artikel Pendidikan » Pengertian Hormon & Sekilas Tentang Hormon Manusia

Pengertian Hormon & Sekilas Tentang Hormon Manusia

Sunday, December 1st 2013. | Artikel Pendidikan


Pengertian Hormon – Kita tentunya seringkali mendengar tentang kata ‘hormon’, baik dalam pelajaran biologi, maupun artikel kesehatan yang kita baca. Apakah itu hormon? Pengertian hormon memang selalu berkaitan dengan kalenjar yang terdapat dalam tubuh manusia. Hormon dihasilkan melalui kalenjar endokrin. Kata ‘endokrin’ sendiri berarti sekresi di dalam tubuh. Nama lainnya juga sering disebut dengan kalenjar buntu. Karena tidak disekresikan (dikeluarkan) ke dalam saluran lain, tapi langsung ke dalam aliran darah. Hormon juga diproduksi oleh beberapa organ tubuh seperti hati dan ginjal, tapi kebanyakan hormon diproduksi oleh kalenjar.

Pengertian Hormon dan Fungsi Hormon

Setiap hormon yang banyak jenisnya itu menghasilkan efek khusus bagi tubuh. Secara umum dapat dikatakan bahwa tugas / fungsi hormon adalah mengatur aktivitas di dalam tubuh, seperti pertumbuhan dan nutrisi, penyimpanan dan penggunaan makanan, dan proses reproduksi. Jika kalenjar memproduksi terlalu banyak atau kurang hormon, maka orang tersebut dapat mempunyai penampilan fisik yang tidak normal.

Inilah beberapa kalenjar utama atau macam-macam hormon dan apa yang dilakukan hormon di dalam tubuh kita:

pengertian hormon

Pengertian Hormon (img: hormone.org)

Kalenjar Gondok / Tiroid – berada di leher, memproduksi hormon yang membantu pertumbuhan, perkembangan dan proses metabolisme tubuh.

Kalenjar Pituitari – terletak di antara dasar tengkorak dan terdiri dari 2 bagian, dan salah satu hormon yang terdapat pada bagian ini bertugas memacu pertumbuhan. Sedangkan pada bagian yang satu lagi berfungsi menghasilkan 2 hormon lagi yang berfungsi mengontrol pengendalian pemakaian air, lemak, tekanan darah, mengatur panas / suhu tubuh.

Kalenjar di Ginjal -  Terdapat 2 kalenjar primer yang terletak pada ujung atas organ ginjal. Kalenjar pertama memproduksi hormon yang sering disebut andrenalin yang berkaitan dengan tekanan darah serta respon seseorang terhadap emosi dan keadaan mendesak. Orang yang sering merasa ketakutan atau terlalu bersemangat cenderung menghasilkan hormon andrenalin yang lebih banyak.

Sedangkan kalenjar lainnya di dalam tubuh memproduksi hormon yang berhubungan dengan apakah seseorang menjadi anak laki-laki atau perempuan. Oleh karena itu, hormon bertanggung jawab terhadap fungsi tubuh dan kesehatan dalam tubuh.

Demikianlah artikel mengenai Pengertian Hormon & Sekilas Tentang Hormon Manusia. Semoga bermanfaat :-)

Artikel pendidikan lainnya mengenai:

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.