Home » Artikel Pendidikan » Mengintip Ruang Data Center Raksasa Milik Google

Mengintip Ruang Data Center Raksasa Milik Google

Friday, November 2nd 2012. | Artikel Pendidikan


Data Center Google – Siapa yang tak mengenal nama Google? Boleh dikatakan semua pengguna internet akan mengenal nama tersebut sebagai alat pencari informasi di internet. Google memang terkenal dengan mesin pencari (Search Engine)-nya sekaligus merupakan perusahaan raksasa yang memiliki pengaruh terbesar saat ini di dunia maya. Layanan yang diberikan oleh Google tidak terbatas pada mesin pencari saja. Sebagai perusahaan berkaliber raksasa, mereka juga memiliki ratusan layanan lainnya seperti: Google Maps, Google Video (aka. Youtube), Google Translate (alat penerjemah), Google Merchant (Toko online gratis), Google Plus (Situs jejaring sosial), Google Adsense (penghasilan online) dan banyak lagi yang tak mungkin kita sebutkan satu-persatu pada tulisan kali ini.

Pengertian Data Center & Apa itu Data Center?

Apa itu data center? Anda dapat membacanya lebih detil melalui wikipedia tentang Data center. Secara sederhana, pengertian data center adalah sebuah tempat khusus (server) yang digunakan untuk menampung komunikasi data-data komputer secara terpusat pada satu tempat. Hal ini dapat diibaratkan seperti halnya stasiun televisi atau radio yang menayangkan siaran yang berpusat dari stasiun televisi, maka data dan informasi secara virtual / komputer juga berpusat pada pusat ini yang kita sebut dengan data center.

Dalam data center ini terdapat ratusan hingga ribuan, ratusan ribu bahkan jutaan server yang menyimpan semua data secara online selama 24 jam x 7 hari! Data tersebut adalah milik anda, milik perusahaan dan milik Google itu sendiri. Bukan hanya Google, setiap alamat website di internet memiliki data center mereka sendiri, bila data center bermasalah, maka secara otomatis semua website yang berpusat pada data center yang bersangkutan juga akan ikut bermasalah.

Pernahkan Melihat Data Center Milik Google?

Sebagai perusahaan raksasa, Google memiliki banyak data center yang tersebar dibanyak negara seperti Amerika, Finlandia, Belgia, Chili, Singapura, Hongkong dan banyak lagi. Masing-masing data center tersebut tentunya berukuran ‘woww!’ Beberapa screenshoot foto berikut ini akan menjawab rasa penasaran anda :-)

data center google

Gambar-gambar diatas adalah sebagian data center milik Google di berbagai negara yang disebutkan sebelumnya. Seberapa besarkah ruang-ruang untuk menempati server data center tersebut? Salah satu ruang server Google di Council Bluffs, Iowa, memiliki luas ruang sebesar 115.000 kaki persegiĀ  yang disediakan khusus untuk menampung semua data video Youtube. Saking besarnya ruang data center mereka, bahkan diperlukan sepeda bagi karyawan untuk mengelilingi satu ruangan data center tersebut.

Menurut Daily Mail, semua pusat data center Google dijaga ekstra ketat yang bahkan tidak dapat dimasuki oleh karyawan sembarangan. Oleh karena alasan keamanan, sangat sedikit sekali karyawan yang dapat mencapai tempat tersebut. Foto-foto diatas merupakan hasil jepretan dari Steven Levy pada tahun 2011, seorang jurnalis dan penulis buku yang mendapat penghargaan kepercayaan khusus dari Google ketika ia menulis buku “In The Plex” yang menceritakan tentang autobiografi dan evolusiĀ  Google.

Apa yang terjadi jika Data Center Google Rusak Sebagian atau Seluruhnya?

Jawabannya tentu saja pengguna internet tak akan bisa menggunakan mesin pencari Google, tidak bisa menonton youtube, membuka Blog (blogspot), membuka email Gmail, dan lain-lain. Sedangkan bagi pebisnis yang mencari uang melalui Google Adsense juga akan merugi total karena penghasilan mereka pun ‘mungkin’ akan hangus. Dan perlu diketahui, bahwa dengan hancurnya data center milik Google, dengan itu juga lah Google akan lenyap sebagian bahkan seluruhnya dari internet.

Selain Google, perusahaan raksasa lainnya seperti Yahoo, Bing dan lain-lain juga memiliki ‘jantung’ nya sendiri-sendiri atau Data Center. Namun akan sangat sulit sekali bagi kita untuk menggali lebih dalam mengenai tempat-tempat tertutup tersebut.

Demikianlah informasi tentang Mengintip Ruang Data Center Raksasa Milik Google. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan :-)

Artikel Bahasa Indonesia lainnya:

Tips Membeli Laptop Bekas

Lorem Ipsum Text dan Arti Di Baliknya

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: ,