Home » Artikel Pendidikan » Manfaat & Dampak Bermain Game Bagi Anak & Dewasa

Manfaat & Dampak Bermain Game Bagi Anak & Dewasa

Sunday, January 27th 2013. | Artikel Pendidikan


 Dampak Positif dan Negatif Bermain Game

Pada orang tua umumnya akan cenderung menganggap bahwa kegiatan bermain game pada anak cenderung akan mengakibatkan kecanduan. Namun dari hasil penelitian baru – baru ini seperti yang dilansir oleh SymptomFind, Washington, menyebutkan bahwa main video game dapat memberikan banyak dampak positif bagi anak dan orang dewasa.

Manfaat & Dampak Bermain Game Bagi Anak & Dewasa

Aktivitas Fisik

Game konsol modern saat ini sudah dilengkapi dengan perangkat gerak yang melibatkan aktivitas fisik sehingga permainan video game dapat sekaligus melatih otot dan gerak selayaknya berolahraga, seperti halnya yang disediakan oleh konsol Nintendo Wii, PS3 Move, atau yang lebih canggih lagi, Xbox 360 Kinect. Game – game yang melibatkan aktivitas fisik seperti game tinju, tennis, sepakbola dsb, yang mengharuskan anda untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh anda sesuai tema video game yang dimainkan.  Untuk mendapatkan seperangkat konsol tersebut tidaklah perlu mengeluarkan kocek yang dalam. Ketiganya memiliki harga yang berlainan yang dapat disesuaikan dengan kocek anda.

Mendorong Pola Hidup Sehat

Bermacam video game menyatukan unsur bugar, nutrisi dan hidup sehat yang menjadi ‘goal’ dalam tema video game tersebut. Bahkan banyak video game modern saat ini sudah melibatkan simulasi olahraga selayaknya olahraga outdoor sebenarnya. Dengan memainkan game tersebut akan membuat orang menjadi berkeringat yang tentunya akan menyehatkan.

Melatih Ketangkasan

Banyak video game yang dibuat untuk melatih ketangkasan, konsentrasi, dan kejelian. Dengan gabungan unsur tersebut akan membantu anak dan dewasa berpikir. Dengan begitu, kepikunan dini pada otak dapat dicegah.

Membina Hubungan Sosial & Interaksi

Video game saat ini sudah sangat berbeda dengan video game sepuluh atau dua puluh tahun kebelakang, kala kita hanya bisa terdiam di dalam kamar dan memainkan video game sepanjang hari tanpa interaksi apapun. Sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan pemain vidgim (video game) dapat melakukan interaksi jarak jauh kepada orang lain diseluruh dunia melalui media online atau internet yang sudah tersedia secara built-in pada kebanyakan judul game saat ini.

Meningkatkan Kemampuan Belajar

Video game saat ini jauh lebih komleks dibandingkan judul – judul game 20 tahun lalu, yang mana mengharuskan kita untuk mengasah logika, strategi, teka-teki hingga emosi untuk menyelesaikannya. Para gamer umumnya dituntut untuk dapat mengambil keputusan dan kendali untuk dirinya sendiri. Pemain juga harus memasukkan perintah, kombinasi, kesabaran serta keputusan yang cepat untuk menghadapi situasi yang disediakan pada level – level game yang kian beragam. Dalam hal ini, akan membantu banyak aspek dalam kemampuan berpikir dan membuat keputusan dalam kehidupan nyata.

Mengajarkan Sportivitas dan Kerjasama

Peraturan dan ketentuan yang ditetapkan dalam game – game online saat ini dituntut serta mengajarkan hal tentang kerjasama antar kelompok, kekompakan, serta nilai – nilai keteraturan. Dalam  hal tentu memiliki dampak positif tentang bagaimana kita harus bekerja sama, menghargai nilai komunikasi, saling menguntungkan, bahu membahu, dll untuk mencapai tujuan kita.

Mencegah Stress

Bila ditanyakan pada sebagian besar orang, mengapa mereka bermain game? Tentunya sebagian besar dari mereka akan menjawab untuk me-refreshing atau mengatasi stress ditengah kepenatan aktivitas di kehidupan sehari – hari. Percayakah anda bahwa dengan bermain video game yang seru dapat membuat anda melupakan sejenak masalah yang tengah anda hadapi saat ini.

Mengalihkan Rasa Sakit Fisik & Mental

Sama seperti poin diatas, dengan bermain game dapat mengalihkan perhatian anda dari kondisi sakit fisik yang anda derita saat itu. Bahkan tidak sedikit orang yang melampiaskan kesedihan dan sakit hati yang mereka rasakan dengan bermain game sepuasnya.

Memberi Kebahagiaan

Makna kebahagiaan sangatlah luas. Akan tetapi anda dapat mendapatkannya melalui video game sebagai salah satu caranya. Tidak heran, bila anda menengok sesaat saja bagaimana suasana di tempat rental game, anda hanya akan melihat teriakan dan tawa yang membuat mereka bahagia.

Dampak Negatif Bermain Game

Dampak Bermain Game

Demikian adalah 9 dampak positif bermain game. Lalu apakah ada dampak negatifnya? Tentu saja ada.

Kecanduan

Seperti yang disebutkan pada awal tulisan ini, kebahagiaan dan kesenangan yang dirasakan para gamer pada saat memainkan game, akan membuat orang tersebut ‘merindukan’ suasana hati yang mereka rasakan selama bermain game, sehingga mereka akan cenderung kembali bermain dan bermain lagi untuk mencari sensasi yang mereka rasakan tersebut. Untuk mencegah hal ini, adalah dengan membatasi waktu bermain game. Misalnya, 2 atau 3x dalam satu minggu dengan jangka waktu 1-2 jam.

Membatasi Hubungan Sosial

Pada dampak positif  bermain game telah dijelaskan bahwa bermain game dapat meningkatkan hubungan sosial secara online dengan para gamer diseluruh dunia. Sebaliknya dalam hal ini justru akan membatasi hubungan sosial di kehidupan nyata mereka. Banyak sekali para pecandu game memiliki sedikit waktu untuk membina hubungan sosial di kehidupan nyata mereka sehingga kemampuan berkomunikasi dan interaksi secara fisik dan oral menjadi tidak terasah.

Mengganggu Kesehatan

Tunggu! Bukankah dalam poin sebelumnya disebutkan bahwa bermain game dapat menyehatkan karena banyak game yang harus melibatkan aktivitas fisik?

Hal itu memang benar, aktivitas dan gerakan fisik dapat menyehatkan tubuh. Akan tetapi dengan bermain game yang terlalu intensif dapat mengganggu kesehatan mata, karena bagaimana pun juga permainan video game memerlukan kontak langsung antara mata dan layar monitor / TV yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata atau menurunnya daya lihat untuk efek kedepannya.

Demikianlah informasi mengenai Dampak Bermain Game serta Dampak Negatif Bermain Game bagi anak dan dewasa. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Bahasa Indonesia lainnya mengenai:

 

 

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you mig