Home » Artikel Pendidikan » Jumlah Pengguna Internet di Indonesia dan Dunia (2013)

Jumlah Pengguna Internet di Indonesia dan Dunia (2013)

Tuesday, April 23rd 2013. | Artikel Pendidikan


Di abad 21 ini, kebutuhan internet sudah hampir diperlakukan sebagai salah satu kebutuhan sehari – hari. Beragam informasi, hiburan dan ilmu pengetahuan semuanya tersedia dan dapat diakses oleh pengguna internet meskipun pada kenyataannya Internet mempunyai dampak positif dan negatif terhadap pemakai.

Anda mungkin bertanya, berapakah jumlah pengguna internet di Indonesia?

Menjawab  pertanyaan tersebut mungkin terlintas pemakai internet hanya digandrungi oleh anak, remaja dan dewasa dengan tingkat intelektual menengah saja yang menggunakannya. Akan tetapi pada kenyataannya, pengguna internet di indonesia (juga dunia) sudah tidak (melulu) berasal dari kaum intelektualitas menengah saja. Mungkin anda menganggap orang – orang seperti tukang ojek, tukang sayur dipasar bukanlah pengguna internet. Bahkan mereka pun mungkin mengakuinya. Namun sadarkah anda, dengan ketersediaan fitur facebook pada handphone saat ini ditambah dengan akses facebook melaluinya, hal tersebut sudah terhitung sebagai salah satu pengguna internet.

Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2013)

Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia

Berdasarkan data yang pernah dirilis oleh APJII atau Jasa Internet Indonesia menyebutkan angka 63 juta untuk pengguna internet di Indonesia. Sementara berdasarkan data yang dilansir oleh www.internetworldstats.com menyebutkan angka 55 juta pengguna internet di Indonesia pada tahun 2012.

Namun menilik pada kenyataan yang disebutkan diatas, angka – angka tersebut hanyalah jumlah yang tercatat berdasarkan data sampel pengguna yang terpantau. Tidak termasuk data sampel pengguna yang tidak masuk kedalam data, seperti kaum facebook-ers, twitter, dll, yang memang hanya pernah mengakses situs – situs pertemanan sosial tersebut. Oleh karena itu, mengenai angka jumlah sebenarnya dari keseluruhan pengguna internet di Indonesia diperkirakan berjumlah sekitar 2 hingga 3x lipat angka yang disebutkan. Hal tersebut diamini oleh Sri Handayani, Praktisi Internet dari PT Internetindo Ata Centra (IDC).

Menurut sumber yang dilansir oleh Internet World Stat, jumlah pengguna Internet di Indonesia merupakan salah satu yang terbanyak di dunia, yaitu berada pada posisi ke-8 dari ratusan negara di dunia. Tentu saja data tersebut terbilang pesat mengingat jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2000 yang disebutkannya hanya sekitar 5.000.000 pengguna saja.

Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia  (Berdasarkan Provider Telkomsel)

Telkomsel adalah salah satu penyedia layanan telekomunikasi dan internet terbesar di Indonesia yang disebutkan oleh data survey memiliki 50 juta pelanggan. Angka tersebut belum terhitung pelanggan operator lainnya seperti Indosat, 3, Esia, dll, yang semuanya juga memiliki layanan internet masing – masing.

Wajar jika negara Indonesia saat ini tercatat sebagai pengguna facebook dan twitter terbanyak no.4 di dunia. Dengan data statistik pengguna yang melonjak secara signifikan dari tahun ke tahun, bukan tidak mungkin jika pengguna internet di Indonesia akan menjadi negara dengan pemakai internet terbanyak di dunia dalam satu atau dua dekade kedepan.

Jumlah Pengguna Internet Di Dunia (2012)

Dari data terakhir yang dilansir oleh Internet World Stat, negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia masih ditempati oleh China, diikuti oleh Amerika Serikat, India, Jepang, Brazil, Russia, Jerman, Indonesia, Inggris dan Perancis.

Demikianlah informasi mengenai Jumlah Pengguna Internet di Indonesia dan Dunia (2013). Semoga bermanfaat :-)

Artikel Bahasa Indonesia lainnya mengenai: