Home » Artikel Pendidikan » Fakta-Fakta Sosial Pada Zaman Mesir Kuno

Fakta-Fakta Sosial Pada Zaman Mesir Kuno

Saturday, November 24th 2012. | Artikel Pendidikan


 

Fakta-Fakta Sejarah & Kehidupan Sosial Pada Zaman Mesir Kuno

Artikel Bahasa Indonesia – Mesir sudah terkenal sebagai salah satu negara yang terkenal dengan kebudayaan, bangunan dan sejarah kunonya. Banyak sekali peneliti sejarah yang telah melakukan penelitian untuk menggali lebih jauh tentang sejarah mesir, situs, peradaban maupun kehidupan masa lalu di salah satu negara padang pasir di afrika yang terkenal dengan piramid nya ini.

Banyak informasi dan kenyataan yang tergali dari negara ini termasuk teknologi-teknologi pada masa itu yang masih misterius, seperti ukiran berbentuk pesawat, helikopter dsb yang notabene merupakan benda yang belum ada pada saat itu.

Dari informasi yang ditemukan oleh para ilmuwan, arkeolog dan sejarahwan tentang literatur negara Mesir, ditemukan fakta – fakta unik pada zaman Mesir yang berhubungan dengan kehidupan sosial, norma dan kebudayaan pada saat itu. Tentu saja fakta – fakta ini masih sebagian kecil diantara setumpuk lembaran fakta lainnya yang belum diketahui oleh kita sebagai manusia modern.

Fakta-Fakta Sosial Pada Zaman Mesir Kuno Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Fakta Mesir Kuno 1 – Raja Firaun

Fakta Mesir

Raja Firaun merupakan salah satu raja terbesar dan paling dikenal sepanjang peradaban Mesir kuno. Tahukah anda, bahwa Raja Firaun belum pernah memperlihatkan rambutnya di depan orang lain / umum. Raja Firaun senantiasa mengenakan mahkota kepala ala raja mesir  atau yang dikenal dengan Nemes dengan hiasan Tutankhamen berbahan emas.

Fakta Mesir Kuno 2 – Cara Mengusir Lalat

Lalat adalah serangga yang cukup menyebalkan, bukan saja oleh manusia pada zaman sekarang. Bahkan serangga yang satu ini juga sudah dianggap ‘menyebalkan’ pada zaman itu. Tetapi tahukah anda, bahwa pada masa itu, raja – raja mesir kuno memiliki cara yang sedikit unik untuk mengendalikan lalat – lalat yang berterbangan secara liar.

Raja Pepi II misalnya, ia selalu memerintahkan seorang budak nya yang bertelanjang dengan olesan madu pada seluruh tubuhnya dan menempatkannya pada sudut – sudut ruangan agar lalat – lalat yang berterbangan dapat dikendalikan dan tidak terbang dengan sembarangan.

Fakta Mesir Kuno 3 – Riasan Make-up

Riasan make-up sudah dikenal oleh wanita pada zaman mesir kuno. Mereka sudah paham betul tentang kegunaan make-up sebagai pelindung sinar matahari. Tahukah anda bahwa pada zaman itu, mereka meyakini bahwa make-up pun memiliki kekuatan mistis untuk penyembuhan. Umumnya mereka menggunakan bahan serbuk tembaga atau timah untuk riasan alis (eyepaint) berwarna hijau atau hitam.

Penggunaan Antibiotik Pada Zaman Mesir Kuno

Zat antibiotik ternyata sudah digunakan sejak zaman mesir kuno. Mereka memakai bahan – bahan makanan yang berjamur, seperti roti berjamur dsb bahkan tanah untuk menyembuhkan luka infeksi.

Fakta Mesir Kuno 5 – Kebiasaan Berpakaian

Sejarah Mesir

Tahukah anda bahwa pada zaman mesir kuno, anak – anak kecil tidak berpakaian sama sekali alias telanjang :-) Ini bukan karena mereka percaya terhadap klenik maupun kepercayaan mistis lainnya tetapi disebabkan oleh suhu di negara mesir yang memang sangat panas sehingga mereka merasa tak perlu mengenakan pakaian terhadap anak mereka. Setelah mulai beranjak dewasa, laki-laki hanya mengenakan celana pendek dan perempuan mengenakan gaun panjang.

Fakta Mesir Kuno 6 – Gaya Rambut

Tahukah anda bahwa benda Wig (rambut palsu) sudah ada pada zaman itu. Masyarakat kalangan atas dan bangsawan umumnya mengenakan wig sedangkan masyarakat dari kelas – kelas dibawahnya memelihara rambut hingga panjang.

Anak kecil laki-laki yang sudah berusia 12 tahun akan memelontosi kepala mereka dengan hanya menyisakan secuil kuncir. Mereka beranggapan hal tersebut akan melindungi kepala mereka dari kutu rambut.

Hilangnya Hidung Pada Patung Sphinx

Jika anda pernah berwisata ke Mesir, selain mengunjungi bangunan piramid tentunya akan melihat bangunan patung Sphinx juga. Patung tersebut menyisakan sebuah ‘cacat’ berupa hidung dari patung yang hilang. Hingga saat ini tidak diketahui siapa yang merusakkan hidung dari patung tersebut. Namun sketsa peninggalan yang diduga ditemukan pada tahun 1737 telah menunjukkan gambar patung Sphinx yang telah rusak hidungnya.

Tahun tersebut adalah 60 tahun lebih awal sebelum penjelajah Napoleon Bonaparte menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di Mesir dan ratusan tahun sebelum terjadinya perang dunia ke-II ketika negara Inggris dan Jerman menyerbu mesir.

Kepercayaan Mesir Bahwa Bumi Itu Datar

Orang Mesir meyakini bahwa bumi itu tidaklah bulat, melainkan bulat datar seperti halnya Pizza dengan sungai Nil yang menjadi pemisahnya ditengah – tengah menjadikannya 2 bagian.

Polisi Pada Zaman Mesir Kuno

Pada zaman itu tentara dan polisi adalah sama. Memiliki fungsi dan tugas yang sama, mulai dari pengumpulan pajak hingga berperang.

Fakta Mesir Kuno 10

Mesir memiliki bangunan – bangunan kuil – kuil, dimana tugas yang dilakukan oleh para imam – imam dilakukan sendiri oleh raja Firaun.

Demikianlah beberapa Fakta-Fakta Sosial Pada Zaman Mesir Kuno yang hanyalah sebagian kecil daripada fakta – fakta sosial yang tentunya tidak kita ketahui secara keseluruhannya pada masa sekarang. Semoga menambah wawasan! :-)

Artikel Bahasa Indonesia lainnya mengenai:

Sejarah 8 Jam Kerja Karyawan & Kenaikan Gaji Karyawan

Sejarah Jakarta – Awal Hingga Sekarang

 

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , , ,