Home » Artikel Pendidikan » 10 Stadion Terbesar di Dunia

10 Stadion Terbesar di Dunia

Monday, April 29th 2013. | Artikel Pendidikan


Stadion Terbesar – Sepakbola adalah olahraga yang paling populer di dunia selain basket, baseball, rugby. Tak pelak, keempat jenis olahraga tersebut selalu saja menyedot jumlah penonton yang luar biasa dalam setiap pertandingannya, terutama di Eropa dan Amerika. Di benua Asia sendiri, ketiga jenis olahraga basket, rugby dan baseball tidak sepopuler dan seramai sepakbola.

Sebagai olahraga yang dianggap memiliki jumlah penggemar paling banyak di dunia ditambah dengan lebar lapangan permainan sepakbola yang mencapai 100 meter, tentu saja dibutuhkan stadion yang juga tidak kecil. Mulai dari stadion kelas training yang tidak memiliki bangku penonton hingga mega stadion yang mampu menampung ratusan ribu penonton secara langsung.

10 Stadion Terbesar di Dunia

Berdasarkan data resmi yang dirilis oleh sumber data World-stadiums dan Wikipedia dari masing – masing benua yang dikerucutkan menjadi 10 stadion, berikut adalah ke- 10 Stadion Terbesar Di Dunia dengan jumlah kapasitas terbanyak yang dapat ditampung.

Stadion Terbesar – 10: Stadion Nasional Bukit Jalil (Malaysia)

Stadion Nasional Bukit Jalil merupakan salah satu stadion modern di Asia dengan jumlah bangku mencapai  87.411  tempat duduk. Salah satu stadion terbesar ini diresmikan pada tahun 1998 untuk merayakan ajang Piala Commonwealth 1998. Untuk merawat keutuhan stadion, Bukit Jalil hanya di gunakan oleh timnas Malaysia dalam menjalani pertandingan resmi / ujicoba. Pemerintah Malaysia harus mengeluarkan dana sekitar 800 juta Ringgit Malaysia untuk membangun stadion ini.

stadion bukit jalil

Stadion Terbesar – 9: Gelora Bung Karno (Indonesia)

Stadion Gelora Bung Karno adalah stadion kebanggaan milik Indonesia. Berdasarkan informasi yang dilansir oleh www.fussballtempel.ne (situs database stadion diseluruh dunia), Gelora Bung Karno menempati urutan ke-9 Stadion terbesar di dunia dengan jumlah kapasitas resmi mencapai 88.000 penonton. Stadion yang kerap dikenal dengan sebutan GBK ini pernah mencatat rekor diatas 100.000 penonton pada ajang Sea Games 1997 kala menggelar pertandingan final sepakbola antara Indonesia melawan Thailand. Demi menjaga keamanan dan ketertiban stadion, pada tahun 2007, PSSI memutuskan untuk mengurangi jumlah tiket yang diperbolehkan menjadi 88.000 penonton saja.

Stadion Gelora Bung Karno diresmikan pertama kali oleh Presiden pertama RI, Bung Karno pada tahun 1962 dengan memakan biaya sekitar 12,6 juta USD yang merupakan hasil karya arsitek dari Russia / Soviet yang patut dibanggakan.

stadion gelora bung karno

Stadion Terbesar – 8: Wembley Stadium (Inggris)

Stadion Wembley adalah salah satu stadion bersejarah yang menjadi saksi mata ketika Inggris meraih satu-satunya gelar piala dunia pada tahun1966. Stadion berkapasitas 90.000 tempat duduk ini boleh dikatakan sebagai salah satu stadion paling mewah di Eropa dengan fasilitas serba modern. Wembley Stadium kini berubah nama menjadi New Wembley setelah melewati renovasi ulang pada tahun 2007 yang memakan biaya sekitar 757 juta poundsterling!

Meskipun negara Inggris yang kental memiliki banyak stadion-stadion berkualitas yang besar, namun stadion New Wembley ini ditetapkan sebagai stadion resmi tim nasional Inggris yang hanya di pakai untuk pertandingan internasional / resmi.

stadion new wembley

Stadion Terbesar – 7: The Rose Bowl (Amerika Serikat)

Dengan jumlah penduduk mencapai 400 juta, negara Amerika bukanlah termasuk negara dengan minat sepakbola yang besar. Olahraga basket, rugby dan baseball merupakan olahraga yang mendominasi minat masyarakat disana. Mereka memiliki banyak sekali stadion rugby dan baseball dengan kapasitas yang luar biasa. Namun meskipun sepakbola bukanlah olahraga utama, Amerika memiliki salah satu stadion terbesar di dunia. The Rose Bowl juga kerap digunakan sebagai stadion Cricket. Dari data resmi menyebutkan 2 angka jumlah penonton yang berbeda pada masing-masing olahraga. Rekor terbanyak yang tercatat untuk pertandingan sepakbola di stadion ini adalah 93,420. Sedangkan di pertandingan kriket (Cricket), mencapai 94,392. Sama seperti halnya stadion Gelora Bung Karno, stadion ini pernah mencatat rekor 106,869 penonton pada tahun 1973. Dengan model stadion yang unik (berbentuk mangkuk) serta model tempat duduk panjang yang tak dibatasi seperti ini, memang memungkinkan untuk menjejalkan penonton yang tidak bisa dipastikan jumlahnya.

The Rose Bowl

Stadion Terbesar – 6: FNB Stadium (Afrika Selatan)

FNB Stadium merupakan stadion terbesar di benua afrika yang didirikan untuk menggelar ajang piala dunia 2010 dimana Afrika Selatan terpilih sebagai tuan rumah. FNB stadion memiliki 94,736 tempat duduk. Sebelum melakukan renovasi pada tahun 2008, stadion ini memiliki kapasitas asli sebanyak 80.000 tempat duduk.

stadion terbesar

5: Camp Nou (Spanyol)

Camp Nou merupakan salah satu stadion yang paling dikenal di Eropa yang menjadi markas klub raksasa Barcelona. Camp Nou dibuka pada tahun 1957 dan memiliki 99,786 jumlah bangku sebelum akhirnya dikurangi menjadi 96,336 bangku saja. Stadion unik yang memiliki model menyerupai arena gladiator ini tercatat sebagai stadion terbesar di Eropa saat ini. Adapun stadion terbesar kedua lainnya di Spanyol adalah Santiago Bernabeu yang menjadi markas Real Madrid dengan kapasitas 85,454 tempat duduk.

Stadion Camp Nou

4: Azadi Stadium (Iran)

Azadi Stadium adalah stadion kebanggaan milik Iran. Sama seperti halnya stadion Rose Bowl dan Gelora Bung Karno yang memiliki model stadion berbangku panjang. Sangat sulit untuk memastikan jumlah pasti penonton yang dapat dijejalkan di stadion ini. Namun pemerintahan Iran akhirnya hanya menetapkan jumlah tiket sebanyak 84.400 lembar sebagai jumlah maksimal yang diizinkan. Kendati demikian, dengan kemampuan sesungguhnya yang memungkinkan stadion Azadi memuat 100.000 penonton membuat stadion ini menempati daftar 10 besar stadion terbesar di dunia.

10 stadion terbesar

3: Estadio Azteca (Meksiko)

Tidak bisa dipungkiri, Azteca Stadium atau Estadio Azteca merupakan stadion terbesar di Benua Amerika saat ini. Stadion yang terletak di wilayah Mexico City ini pernah mencatat rekor fantastis dengan dijejali oleh 119,853 penonton pada tahun 1968. Stadion yang dibangun untuk merayakan pesta Olimpiade 1968 ini juga tercatat sebagai satu – satunya stadion yang pernah menggelar 2x final piala dunia, yaitu pada tahun 1970 dan 1986. Azteca Stadium juga menjadi saksi terjadinya ‘gol tangan Tuhan’ diciptakan oleh Maradona. Saat ini, jumlah batas penonton resmi yang ditetapkan oleh pemerintah Mexico adalah 105,000 tempat duduk.

Azteca

2: Salt Lake Stadium (India)

Kendati India tidak memiliki tradisi sepakbola yang kuat, namun tidak bisa dipungkiri bahwa Salt Lake merupakan stadion terbesar n0.2 dunia. Dengan jumlah kapasitas mencapai 120.000 penonton, stadion yang terletak di Kolkata ini dibuka pada tahun  1984 untuk menggelar Jawaharlal Nehru Cup. Dengan kapasitas yang luar biasa, Salt Lake Stadium kerap digunakan sebagai arena konser musik.

Stadion Salt Lake

Rungnado Mayday Stadium (Korea Utara)

Meskipun Benua Asia bukan negara utama dibidang sepakbola seperti halnya Eropa dan Amerika latin, namun tidak bisa dipungkiri, 5 dari 10 stadion terbesar di dunia berada di Benua Asia. Rungnado Mayday Stadium yang terletak di Pyongyang, Korea Utara merupakan stadion terbesar didunia saat ini dengan kemampuan menampung lebih dari 150.000 penonton! Meskipun jarang dijejali oleh full kapasitas, stadion yang kerap digunakan sebagai arena pertunjukan, konser dan festival itu masih tercatat sebagai stadion terbesar oleh Guiness Book of Record.

rungnado mayday stadium

Demikianlah informasi mengenai 10 Stadion Terbesar di Dunia. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Bahasa Indonesia lainnya mengenai:

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.