Home » Artikel Motivasi » Artikel Motivasi: Tidak Ada Rahasia Sukses

Artikel Motivasi: Tidak Ada Rahasia Sukses

Monday, May 6th 2013. | Artikel Motivasi


“Tidak ada rahasia sukses. Sukses adalah hasil dari persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan” ~General Colin Powell

Alkisah, seorang pemuda sudah tidak betah lagi menjadi karyawan. Ia sangat yakin bahwa dengan membuka bisnis sendiri, ia akan dapat mencapai kesuksesan lebih cepat. Namun, ia belum tahu apa yang harus ia lakukan untuk memulai sebuah bisnis. Ia pun memutuskan untuk berkonsultasi dengan seorang pakar bisnis.

“Saya ingin sekali memiliki bisnis sendiri, apa yang harus saya lakukan untuk memulai suatu bisnis? Saya sudah lama sekali bekerja keras sebagai karyawan, tetapi kehidupan saya tidak pernah berubah. Kehidupan ssaa seperti berjalan di tempat. Mohon petunjuk dan arahan dari Bapak, agar saya bisa memulai bisnis sendiri,” katanya saat menemui pakar bisnis.

Rahasia Sukses“Anak muda, apakah kamu pernah melakukan suatu perjalanan? Seperti pergi ke luar negeri atau ke kota lain? tanya sang pakar bisnis. “Ya, saya pernah melakukan perjalanan ke luar negeri satu kali. Saat itu saya diajak ayah saya untuk berlibur di sana. Tetapi apa hubungannya saya pergi ke luar negeri dengan saya memulai sebuah bisnis?” jawab sang pemuda heran.

“Apa saja yang kamu lakukan sebelum berangkat untuk berlibur ke luar negeri? tanya pakar bisnis itu lagi. “Pertama, kami menentukan tempat tujuan, termasuk penginapan, dan beberapa hal lain yang kami butuhkan di sana. Kemudian, kami memesan tiket pesawat. Terakhir, kami mempersiapkan semua barang bawaan kami termasuk beberapa keperluan dalam perjalanan ke luar negeri,” jawab pemuda itu kesal karena menurutnya, jawaban pakar bisnis tersebut sudah keluar dari konteks.

Melihat wajah pemuda itu memerah akibat menahan amarah, pakar bisnis itu tersenyum lalu berkata, “Anak muda, ketahui bahwa hal serupa juga harus kamu lakukan untuk memulai sebuah bisnis.”

“Maksud bapak apa? Saya sama sekali tidak mengerti dengan maksud Bapak,” tanya pemuda itu semakin geram. “Untuk membuka sebuah bisnis, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis bisnis apa yang akan kamu geluti. Kemudian, kamu harus tahu tempat bisnis itu akan dijalankan. Apakah itu diperkotaan dan di pusat keramaian. Atau, tempat lain yang mampu membantunya berkembang. Lalu, kamu harus mengurus semua surat kelengkapan yang berhubungan dengan pembukaan bisnis, agar di kemudian hari tidak ada pihak lain yang mengganggu karena tidak ada kelengkapan surat pembukaan bisnis.

Setelah bisnismu berhasil berjalan, kamu harus tekun bekerja. Jika kamu sudah tekun bekerja tetapi kamu masih mengalami kegagalan, jangan cepat menyerah. Segera cari penyelesaian dan maju kembali untuk terus bekerja, “jelas pakar bisnis itu dengan sangat rinci.

Mendapat penjelasan sedemikian detail, pemuda yang sebelumnya geram itu pun berubah sikap. Ia mengucapkan terima kasih atas nasihat yang diberikan kepadanya. Setelah itu, pemuda tersebut kembali ke rumahnya dan melaksanakan semua nasihat dari pakar bisnis. Satu tahun kemudian, toko swalayan yang ia kelola berkembang pesat dan memiliki pendapatan yang sangat fantastis.

Artikel Motivasi: Tidak Ada Rahasia Sukses

Siapa pun bisa mencapai kesuksesan. Semua manusia memiliki hak yang sama untuk sukses. Sukses adalah milik semua orang, tanpa kecuali. Tidak ada rahasia sukses tertentu untuk sukses. Tidak ada hal-hal magis. Kesuksesan adalah hasil kerja keras dan usaha yang tidak pernah mengenal lelah, tidak takut gagal, dan tidak mundur ketika dirundung kerumitan atau kesulitan.

Sukses sama seperti bila kita ingin berpergian ke luar negeri. Kita harus mempersiapkan segala sesuatu yang kita butuhkan. Penentuan tempat tujuan. Pengurusan pasport dan surat-surat penting lainnya. Pengurusan tiket pesawat. pengurusan tempat penginapan. Persiapan barang-barang bawaan. Persiapan peralatan yang dibutuhkan dalam perjalanan. Demikian pula untuk mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis, kita butuh persiapan.

Ketahui bahwa tidak pernah ada uang yang jatuh dari langit jika kita hanya duduk berpangku tangan. Tidak ada orang yang mengantarkan makanan jika kita tidak bekerja. Kita tidak akan pernah sampai di tempat tujuan jika tidak ada langkah awal.

Demikian juga dalam mencapai kesuksesan di dunia bisnis, tidakpernah ada kesuksesan yang kita capai tanpa kerja keras. Tidak ada kesuksesan yang tercapai jika tidak ada pengorbanan. Tidak ada kesuksesan jika tidak belajar dari kegagalan. Sukses adalah sebuah proses. Kesuksesan dalam bisnis atau dalam segala sesuatu adalah upah dari kerja keras kita. Sukses adalah keberhasilan kita dalam memaknai setiap kegagalan dan pengorbanan sebelumnya.

Oleh karena itu, jangan mundur jika menemui kegagalan dalam bisnis. Jangan menyerah jika gagal. Jangan takut jika diliputi kegagalan. Jangan putus asa jika pernah gagal. Kegagalan tidak harus membuat kita berhenti. Sebaliknya, kegagalan harus mendorong kita agar tetap bergerak maju tanpa henti. Jangan mati jika terus-menerus mengalami kegagalan. Kegagalan suatu ketika pasti berlalu dan tergantikan dengan suatu kesuksesan.

Dalam dunia bisnis, kita harus belajar dari setiap kegagalan. Belajar untuk melakukan sesuatu lebih baik dari sebelumnya. Belajarlah dari setiap kegagalan yang pernah kita alami, karena hal itu pasti membuat kita semakin kuat. Kegagalan akan membuat kita semakin bijaksana dan sempurna. Hanya dengan demikianlah, kesuksesan pasti bisa kita capai.

Demikianlah informasi mengenai Artikel Motivasi: Tidak Ada Rahasia Sukses. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Motivasi lainnya mengenai:

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , ,