Home » Artikel Lingkungan » Tumbuhan Langka – Bunga Udumbara

Tumbuhan Langka – Bunga Udumbara

Monday, July 30th 2012. | Artikel Lingkungan


Tumbuhan Langka – Bunga Udumbara

Artikel Bahasa Indonesia ( Artikel Lingkungan ) – Dipercaya terdapat jutaan jenis tumbuhan, bunga dan jenis pohon yang tumbuh di muka bumi ini. Baik tumbuhan yang sering kita lihat maupun yang jarang dilihat. Baik yang tumbuh disetiap waktu dan disegala tempat maupun yang hanya tumbuh ditempat-tempat tertentu. Bila anda pecinta tumbuhan atau dunia flora, pernahkah melihat bentuk bunga dbawah ini?

Tumbuhan Langka

Bunga Udumbara – Tempat Tumbuh

Tumbuhan langka ini memiliki keunikan lain karena dapat tumbuh ditempat yang tak diperkirakan, seperi di pohon, kelopak bunga bahkan diatas mesin cuci seperti yang baru-baru ini ditemukan di cina di tempat seorang biarawati.

Tumbuhan Langka – Bunga Udumbara

Bunga tersebut sepintas mirip seperti bunga lonceng bila diperbesar. Keunikan tumbuhan langka ini adalah berupa benang tipis yang menjadi batangnya.Bunga Udumbara berbentuk unik karena buah dari bunga tersebut tersembunyi didalam buah. Menurut sumber wikipedia, bunga udumbara juga dikenal dengan nama Ficus racemosa dalam bahasa latin. Dalam literatur Budhisme ( agama Buddha ), Sang Buddha menyebutkan bahwa bunga udumbara sangat jarang sekali keberadaannya dan hanya tumbuh 3000 tahun sekali disebuah tempat oleh karena itu bunga udumbara sering disebut sebagai bunga surgawi.

Hingga saat ini belum ditemukan bibit untuk menanam bunga ini agar dapat tumbuh selayaknya bunga hiasan.

Mitologi Bunga Udumbara

Dalam literatur Weda ( Hindu ), atau dunia spiritual tumbuhan langka bunga udumbara seringkali diinterpresentasikan sebagai “lord of amulet” mengandung kekuatan yang maha kuat sebagai pelindung. Dalam kita Kanon Pali Sambahula Sutta disebutkan ketika iblis Mara tengah menyamar sebagai seorang brahmin, ia membawa tongkat yang terbuat dari pohon kayu udumbara (udumbaradanda). Tumbuhnya tanaman langka ini juga dipercaya sebagai pertanda turunnya tanda kebaikan dan hal positif yang akan mengisi tempat atau daerah tersebut. Keberadaan mengenai bunga udumbara juga dibahas dalam kitab budhisme seperti didalam Uraga Sutta dan Lotus Sutra

Demikianlah informasi mengenai Tumbuhan Langka – Bunga Udumbara yang ditulis dalam kategori Artikel Lingkungan. Semoga menambah wawasan.

Artikel sebelumnya mengenai:

Penemuan Makhluk Aneh Di Manhattan Amerika

Artikel Motivasi – Kisah Kakek Penjual Amplop

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , ,