Home » Artikel Lingkungan » Sekilas Tentang Cara Mengawetkan Susu

Sekilas Tentang Cara Mengawetkan Susu

Monday, December 30th 2013. | Artikel Lingkungan


Sekilas Tentang Cara Mengawetkan Susu - Susu dianggap sebagai makanan yang nyaris sempurna. Susu menyuplai tubuh kita dengan protein, salah satu bentuk gula (laktose), mineral, dan vitamin. Puluhan tahun yang lalu, orang minum susu mentah hampir begitu keluar dari sapi. Sekarang susu diolah dengan berbagai cara karena berbagai alasan. Salah satunya adalah alasan kesehatan. Alasan lainnya untuk kepraktisan.

Susu dikurangi kadar airnya agar lebih tahan lama. Susu kental (evaporated milk) telah kehilangan sekitar setengah kandungan airnya. Hal ini dilakukan dengan memanaskan susu di dalam ruang hampa untuk menguapkan airnya tanpa terlalu memanaskan atau menghanguskan susu. Susu kental ini dimasukkan ke dalam kaleng, disegel, dan disterilisasi.

Susu kental yang dicampur air dalam perbandingan yang sama mempunyai nilai yang kurang lebih sama dengan nilai susu yang mengalami proses pasteurisasi. Kalau susu  kental disegel di dalam kaleng dan disterilisasi, maka dapat disimpan tanpa dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Kita dapat melihat betapa praktisnya ini di bawah kondisi tertentu. Namun, kalau kaleng sudah dibuka, susu kental memerlukan penyimpanan yang sama dengan susu segar yang di pasteurisasi.

Sekilas Tentang Cara Mengawetkan Susu Kental Manis & Susu Bubuk

cara mengawetkan susu

cara mengawetkan susu

Bentuk pengawetan lain, adalah susu kental manis. Susu diuapkan sampai kadar airnya tinggal setengah, kemudian diberi gula. Susu kental manis tidak disterilkan. Pengawetannya adalah tergantung gulanya. Salah satu cara yang paling banyak digunakan untuk mengawetkan susu adalah dengan cara dehidrasi, yaitu susu bubuk. Dalam susu bubuk, air dihidangkan dari susu dan hanya bubuk susu kering yang tersisa. Metde yang paling umum untuk membuat susu bubuk adalah dengan proses spraying atau penyemprotan. Mulanya susu diuapkan. Susu kental yang tersisa kemudian disemprotkan dalam semprotan halus ke dalam ruang pengering yang besar. Semburan udara panas segera menyerap kelembaban dari semprotan susu. Bubuk susu jatuh ke dasar ruangan pengering. Kemudian dikeluarkan dan dibungkus.

Susu bubuk berubah menjadi susu cair dengan menambahkan air. Tiga bagian air ditambahkan ke dalam satu bagian bubuk susu membuatnya terasa seperti susu murni. Susu bubuk inilah yang kerap ditemui di aneka gerai minimarket dan toko-toko bahan makanan. Meskipun demikian, minat konsumen terhadap susu murni yang baru diperas langsung dari sapi juga tak kalah besarnya. Beberapa tempat masih menjual produk susu murni cair jenis ini.

Demikianlah informasi mengenai Sekilas Tentang Cara Mengawetkan Susu. Semoga bermanfaat :-)

artikel bahasa indonesia lainnya mengenai:

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , , ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.