Home » Artikel Lingkungan » Sekilas Tentang Buah Langka Kawista

Sekilas Tentang Buah Langka Kawista

Tuesday, October 2nd 2012. | Artikel Lingkungan


Sekilas Tentang Buah Kawista

Artikel Bahasa Indonesia – Pernahkan anda mendengar tentang buah Kawista (Kawis)? Buah yang konon berasal dari India dan Indonesia ini termasuk kedalam salah satu buah langka. Berwarna pucat coklat kehijauan berbentuk seperti batok kelapa serta mempunyai aroma yang harum ketika masak. Buah ini sangat jarang ditemui sehingga jarang ada yang menjual buah ini.

Rembang adalah daerah yang banyak menanam buah Kawista serta umumnya diolah untuk dijadikan sirup manis. Buah yang juga dikenal dengan nama Kusta oleh masyarakat bali ini juga mempunyai beberapa nama, antara lain Limonia Acidissima (latin), Indian Woodable, Elephant Apple dan Binomial (nama ilmiah). Buah ini juga tumbuh di Sri Lanka, Myanmar dan Indocina (asia tenggara)

Ciri-Ciri Pohon Kawista

Pohon Kawista umumnya tumbuh di dataran rendah yang kering, memiliki batang dan ranting – ranting yang kecil namun dapat tumbuh hingga ketinggian mencapai 12 meter! Cabang pohon pada Kawista biasanya berduri dengan panjang daun mencapai 12 cm.

Buah Kawis umumnya tumbuh bergantung dan bergerombol pada ranting tumbuhnya dan umumnya tumbuh pada ujung ranting. Bentuk daging dari buah ini berwarna cokelat gelap dan anda tak perlu bersusah payah untuk memetik buah kawista di ketinggian 12 meter karena buah ini akan terjatuh dengan sendirinya ketika masak.

Buah Kawista bisa dimakan secara langsung maupun diolah menjadi dodol kawista maupun sirup kawista yang khas, selain itu juga buah dan batang Kawista juga dikenal sebagai obat – obatan untuk sakit perut, demam, gangguan hati, mual – mual, gigitan serangga bahkan tonikum.

Cara Mengkonsumsi Buah Kawista

Cara memakan buah Kawista cukup unik yaitu dengan cara membanting buah hingga hancur / terbelah, baru kemudian mengambil dagingnya, ditaruh didalam gelas, ditambahkan gula pasir baru dimakan. Terkadang ditambahkan lagi dengan air, es batu atau sirup. Keunikan khas dari rasa buah kawista ketika dibuatkan sirup akan memiliki senyawa seperti Coca – Cola atau minuman berkarbonat sejenisnya. Diduga rasa tersebut muncul dari senyawa berbentuk kristal yang berubah menjadi gas CO2 saat diolah / dicampurkan. Keunikan buah kawista ini sangat terkenal sebagai oleh – oleh khas Rembang yang terletak pada perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur di Pantai Utara.

Sungguh disayangkan karena hingga saat ini masih cukup jarang orang yang menanam buah kawista sehingga keberadaan buah ini hanya dikenal oleh masyarakat pada daerah – daerah tertentu saja. Ataukah anda berminat untuk menanam buah kawista ini di perkebunan rumah anda? :-)

Buah Kawista

Demikianlah informasi mengenai Sekilas Tentang Buah Langka Kawista.

Artikel Bahasa Indonesia lainnya:


TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , , ,