Home » Artikel Lingkungan » Proses Pembuatan Kertas

Proses Pembuatan Kertas

Friday, September 21st 2012. | Artikel Lingkungan


 

Proses Pembuatan Kertas

Artikel Bahasa Indonesia – Kertas adalah salah satu bahan yang kerap kita temui setiap hari, dimanapun kita berada sehingga dapat kita katakan sebagai salah satu benda yang familiar dalam kehidupan kita. Tentunya kita semua sering menggunakan kertas untuk bermacam – macam kepentingan, seperti menulis, menggambar, membuat lipatan, sebagai pembungkus, hingga surat kabar, brosur dsb semua menggunakan kertas.

Kertas terbuat dari serat kayu yang diproses dengan teknologi modern menggunakan mesin – mesin pabrikan khusus hingga dapat digunakan oleh kita untuk berbagai keperluan. Berikut adalah langkah – langkah proses pembuatan kertas dimulai dari nol hingga menjadi kertas siap guna.

Proses Pembuatan Kertas

Proses Pembuatan Kertas (Log, De Barker & Pulp)

Bahan kayu yang umumnya digunakan untuk membuat kertas adalah pohon papyrus, mulberry dan pinus. Jenis kayu tersebut di potong dari hutan produksi lalu didiamkan  ditempat penampungan yang telah disiapkan selama beberapa bulan untuk menjaga kelembaban Log kayu.

Proses Pembuatan Kertas

Setelah dikeluarkan dari tempat penampungan, kulit kayu di kupas dengan mesin. Proses ini disebut juga dengan De Barker, setelah itu bagian kayu di belah – belah menjadi ukuran yang lebih kecil menggunakan mesin chipping.

Proses Pembuatan Kertas - Buang Kulit

Setelah kayu dipotong menjadi bagian yang kecil – kecil, proses selanjutnya adalah memasak kayu chip tersebut dengan mesin gester dengan tujuan untuk memilah serat kayu dengan lignin. Serat kayu ini yang dijadikan bahan utama untuk pembuatan kertas.

Terdapat 2 macam proses pemasakan kertas, yaitu: Chemical Process & Mechanical Pulping Process. Pengertian Pulp ( Pulping ) adalah proses pemasakan kertas kedalam mesin getser. Proses pulp ini dapat dijelaskan secara sederhana sebagai proses ‘pembuburan’ kertas dikarenakan pemasakan serbuk ini menyerupai bentuk bubur.

Proses Pembuatan Kertas - Pulp

Proses Pembuatan Kertas ( Paper machine )

Setelah melalui proses pulping, pulp diolah kembali pada bagian stock preparation untuk ‘meramu’ kertas dengan penambahan bahan – bahan kimia lainnya seperti zat warna kertas (standar warna putih), zat retensi, zat filler (zat untuk memadatkan pori – pori diantara serat kayu), air dll. Setelah menyelesaikan tahap ini, proses dilanjutkan ke areal paper machine (mesin kertas)

Proses Pembuatan Kertas

Dari tahap stock preparation, bahan yang telah diramu tersebut dibersihkan terlebih dahulu menggunakan cleaner / pembersih, barulah kemudian dimasukkan ke headbox untuk membentuk ukuran lembaran kertas yang diletakkan diatas fourdinier table (cetakan).

Alat ini berfungsi untuk menguras zat air yang masih didalam stock preparation  (dewatering) untuk menghasilkan kertas basah yang memiliki kadar padat sekitar 20 persen.

Setelah itu kadar kepadatan kertas ditingkatkan menjadi 50% menggunakan mesin Press dengan membuang kadar air yang tersisa. Adapun proses yang dilalui oleh press part adalah memasukkan kertas diantara dua buah roll besar yang berputar yang diberi tekanan sehingga air yang tersisa dibuang keluar.

Proses berikutnya dilanjutkan ke bagian pengeringan (dryer). Dryer berfungsi untuk mengeringkan lagi kadar air yang terseisa agar hanya mencapai 6 % saja. Hasilnya bahan yang telah melalui finishing tersebut dapat dikatakan sebagai kertas jadi, yang kemudian di gulung ke dalam sebuah alat penggulung raksasa ( pop reel ) hingga membentuk paper roll.

Paper roll (gulungan kertas) raksasa inilah yang merupakan bahan kertas jadi yang kemudian dijual kepada produsen, pabrikan yang menggunakan kertas sebagai bahan dasar mereka seperti; pabrik buku, surat kabar, dll.

 

Proses Pembuatan Kertas - Rolling

Tambahan:

Satu batang pohon umumnya dapat menghasilkan sekitar 170 – 200 rim kertas.

Demikianlah informasi mengenai Proses Pembuatan Kertas. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Bahasa Indonesia lainnya mengenai:

 

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , , ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.