Home » Artikel Lingkungan » Bunga-Bunga Beracun Yang Mematikan

Bunga-Bunga Beracun Yang Mematikan

Friday, May 10th 2013. | Artikel Lingkungan


Bunga Beracun – Bunga adalah salah satu tanaman yang cantik. Selain berbau harum, bunga kerap dijadikan sebagai hiasan, parsel, karangan bunga, dll. Dari ribuan bahkan puluhan ribu jenis bunga yang dikenal, ada yang bermanfaat sebagai obat, seperti crysantenum, chamomile, dsb. Namun tidak sedikit pula bunga yang memiliki rupa cantik justru mengandung racun yang cukup serius bahkan fatal.

Pada artikel kali ini dirangkum setidaknya 7 jenis bunga beracun yang patut anda ketahui agar dapat mewaspadai sedini mungkin.

Bunga-Bunga Beracun Yang Mematikan

Daphne

Daphne

Daphne atau yang terkadang dijuluki Lady Laurel merupakan salah satu bunga beracun yang mematikan, terutama pada bagian buah dan getah bunga. Racun mezerine dari bunga yang kerap dijuluki ‘tanaman surga’  ini dapat menimbulkan komplikasi nyeri perut yang parah, juga sakit kepala, diare, ayan, hingga mengakibatkan kegilaan. Konsumsi Daphane dalam jumlah besar dapat menyebabkan koma hingga menewaskan nyawa seseorang.

Lyly of the Valley

lyly of the valley

Dibalik wujudnya yang cantik dan harum, bunga Lyly of the Valley nampak tak berbahaya. Namun dibalik kecantikan rupa bunga ini, pada bagian daun bunga yang berbentuk lonceng dari Lyly of the Valley justru mengandung racun yang mampu melumpuhkan tubuh orang dewasa. Bila sampai termakan dalam jumlah tertentu dapat menimbulkan gejala muntah – muntah, keram otot disekujur tubuh, diare, hingga penyumbatan pada pembulu darah hingga jantung.

Belladona

Belladona

Belladona adalah salah satu nama bunga yang cukup terkenal sebagai salah satu bunga beracun bersosis tinggi dengan kandungan tropane alkoids yang cukup mematikan. Hampir seluruh bagian pada tanaman yang membentuk bunga Belladona dapat dikatakan berbahaya, mulai dari daging buahnya yang nampak lezat, bila dikonsumsi dapat menyebabkan masalah serius bagi mata, seperti pupil mata, nyeri kepala, halusinasi, hingga kegilaanB. Racun lainnya yang terkandung dalam bunga ini adalah zat atropine yang dapat menyerang saluran pernafasan hingga gangguan pada darah dan jantung.

Angel’s Trumpet

Bunga Beracun

Tumbuhan ini memiliki bunga seperti terompet yang berwarna-warni dan indah namun mengandung racun keras yang sangat berbahaya. Zat racun pada tanaman ini dapat menimbulkan halusinasi tingkat berat yang ditimbulkan dari racun tropane alkaloids.

Rhododendron

Rhondodenon

Rhododendron sekilas nampak seperti bunga mawar, nampak indah dan menawan. Dalam sebuah catatan sejarah yang ditulis oleh Xenophon (salah satu tokoh dalam sejarah Yunani) menyebutkan adanya perilaku yang janggal pada pasukan tentara Inggris yang memakan madu dari bunga Rhododendron ini. Dalam penelitian ilmiah, bunga Rhododendron mengandung zat racun andromedatoxin yang dapat mengakibatkan rasa nyeri yang hebat, kejang, hingga kematian.

Oleander

Oleander

Oleander juga terkenal sebagai salah satu bunga yang mengandung racun paling mematikan yang sudah dikenal dari zaman dahulu, terutama oleh para pasukan bar-bar dan suku di pedalaman. Di negara India, bunga Oleander kerap dimanfaatkan secara negatif, untuk bunuh diri. Seluruh bagian dari tanaman oleander, mulai dari akar, daun, batang hingga bunga, semuanya mengandung racun mematikan. Akibat yang ditimbulkan dari racun Oleander adalah gangguan sistem syaraf, pencernaan, pembuluh darah yang terjadi secara bersamaan. Korban yang terkena racun ini akan kehilangan kesadaran dalam tempo yang singkat dengan gejala gemetar hebat, nyeri pada sekujur tubuh, hingga mengalami koma tak sadarkan diri yang berujung pada kematian. Bagian getah bunga ini sekalipun dapat menyebabkan kebutaan pada mata dan iritasi pada kulit.

Bunga Beracun – Autumn Crocus

Autumn Crocus

Autumn Crocus boleh dikatakan sebagai tanaman paling beracun yang ada di muka bumi ini (sejauh yang diketahui). Dengan zat colchicine yang terkandung dalam bunga ini memiliki tingkat dosis yang menyamai racun arsenik yang tak dapat disembuhkan. Racun pada bunga Autumn Crocus akan langsung menyerang organ jantung dan pembuluh darah dalam waktu yang singkat.

Demikianlah informasi mengenai Bunga-Bunga Beracun Yang Mematikan. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Bahasa Indonesia lainnya mengenai:

 

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , , , , ,