Home » Artikel Lingkungan » Buah Bintaro Yang Sangat Beracun

Buah Bintaro Yang Sangat Beracun

Monday, September 10th 2012. | Artikel Lingkungan


Buah Bintaro

Pernahkah anda melihat jenis buah seperti gambar dibawah ini?

Buah Beracun

Buah ini seringkali dijumpai dijalanan, pekarangan liar, pesisir pantai hingga di area pemakaman. Di Indonesia buah ini dikenal dengan nama Buah Bintaro (Cerbera Manghas) atau Sea Mango dalam bahasa inggris, Leva (Samoa), Toto (Tonga), Vasa (Fiji). Tumbuhan ini hanya tumbuh di Asia, Australia, Madagaskar dan didaerah Pasifik.

Ciri – Ciri Pohon Bintaro

Buah Bintaro

Pohon Bintaro (Cerbera Odollam Gaerth) juga dikenal dengan sebutan Pong-Pong Tree atau Indian Suicide Tree. Pohon ini mampu tumbuh hingga ketinggian 3 – 12 meter. Daun Bintaro berbentuk panjang simetris dengan ujung daun yang tumpul dengan kepanjangan daun sekitar 20 – 30 cm dan tersusun secara spiral terkadang berkumpul pada ujung roset.

Pohon ini juga memiliki bunga berpetal lima (pentamery) yang tumbuh pada ujung pedikel simosa dengan warna kuning pada bagian Korola yang berbentuk tabung. Buah Bintaro yang belum masak berwarna hijau muda dengan ukuran sekitar 5 – 10cm atau sebesar mangga arumanis atau alpukat. Pada umumnya buah akan berwarna merah ketika masak. Buah Bintaro memiliki 3 lapisan yaitu kulit kuar (epikarp), lapisan tengah berupa serat seperti sabut kelapa (mesokarp) dan lapitas dalam berupa biji buah (endocarp).

Buah Bintaro Yang Sangat Beracun

Meskipun terlihat cantik, namun hampir semua bagian pada tumbuhan ini termasuk kedalam kategori non pangan (Cerbera). Daun dan buah Bintaro mengandung racun yang disebut Cerberin atau suatu zat glikosida yang dapat menyumbat saluran ion kalsium pada bagian otot jantung manusia sehingga dapat mengakibatkan kematian. Getah dari buah ini sering dioleskan pada mata panah yang digunakan untuk berburu hewan.

Pada kenyataannya, cukup banyak anak – anak ataupun masyarakat yang tidak mengetahui tentang asal – usul buah bintaro sehingga termakan secara tidak sengaja yang berakibat sangat fatal.

Manfaat Buah Bintaro

Meskipun beracun, namun buah bintaro memiliki manfaat yang cukup unik, yaitu sebagai pengusir tikus! Cukup meletakkan buah bintaro mentah (berwarna hijau) di sudut rumah yang sering dilalui oleh tikus dipercaya akan mengusir hewan pengerat itu dalam waktu yang singkat.

Hal unik lain yang ditemui pada biji buah bintaro juga mengandung minyak yang cukup banyak, sekitar 54.33% yang dapat digunakan sebagai bahan baku biodiesel jika diolah melalui proses hidrolisis, ekstrasi dan destilasi.

Dengan adanya informasi yang lebih banyak mengenai Buah Bintaro semoga masyarakat dapat lebih mewaspadai tentang buah ini agar tidak memakannya juga diharapkan untuk mencuci tangan anda dengan bersih setelah memegang daun atau buah dari pohon ini.

Demikianlah informasi mengenai Buah Bintaro Yang Sangat Beracun. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Bahasa Indonesia lainnya:

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.