Home » Artikel Kesehatan » Tips & Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

Tips & Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

Saturday, July 28th 2012. | Artikel Kesehatan


Tips & Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

Meningkatkan Daya IngatArtikel Bahasa Indonesia ( Artikel Kesehatan ) – Apakah anda adalah seorang yang pelupa? Daya ingat adalah sesuatu yang penting dimiliki oleh manusia dalam menjalani hidup dan persoalan. Barangkali dapat diandaikan ketika kita menghadapi banyak permasalahan yang kemudian memerlukan kita untuk mengingat hal tersebut tentunya akan sangat frustasinya kita ketika kita hendak mengingat sesuatu terasa sangat sulit untuk mengingatnya kembali, terlebih jika hal tersebut adalah hal yang penting bagi anda.

Bila anda adalah seorang pelupa, beberapa tips dan cara berikut ini dapat anda lakukan untuk Meningkatkan daya ingat anda agar tidak mudah ‘pikun’ sehingga ingatan anda akan tetap tajam.

Tips & Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

 Masukkan Porsi Olahraga ke dalam Hidup Anda

Menurut penelitian, olahraga teratur dapat memberikan kebugaran serta melancarkan peredaran darah dan nutrisi ke otak sehingga membuat daya kerja otak anda menjadi selalui maksimal. Selain itu olahraga juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Istirahat Cukup

Kondisi fisik yang lelah ditambah dengan kondisi stress akan membuat manusia menjadi sulit berkonsentrasi dan pelupa yang dikarenakan oleh tidak maksimalnya fungsi otak. Hal ini berujung pada menurunnya daya ingat. Otak menyimpan berbagai macam informasi, namun dikarekankan oleh kondisi fisik dan mental yang terbatas akan membuat informasi yang tersimpan didalam memori otak menjadi hilang begitu saja.

Waspadai Suplemen / Vitamin Penambah Daya Ingat

Dewasa ini terdapat bermacam-macam jenis dan merek suplemen untuk meningkatkan daya ingat di pasaran. Perlu diperhatikan bahwa para ilmuwan tidak pernah secara tegas menyebutkan bahwa suplemen penambah daya ingat tersebut adalah dianjurkan. Bila anda memang ingin ataupun sudah terlanjur mengkonsumsikan suplemen demikian, harap dapat dikonsultasikan kembali dengan dokter anda.

Meningkatkan Daya Ingat – Minimalkan Stress Anda!

Sebagai manusia yang menjalani hidup tentunya tidak terlepas dari stress. Sehingga tingkat stress yang dihadapi oleh setiap manusia juga berbeda satu sama lainnya. Kondisi stress yang berlebih dapat melemahkan daya ingat anda. Solusi untuk meminimalkan stress anda adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan untuk mengalihkan stress anda seperti, meditasi, yoga, olahraga, atau jalankan hobby anda dikala stress mengganggu anda.

Perhatikan Obat-Obatan Yang Anda Konsumsi

Menurut ilmu kedokteran terdapat beberapa jenis zat yang terkandung didalam obat yang dapat menurunkan daya ingat anda, seperti antidepressant, antihistamin serta beberapa jenis obat darah tinggi. Harap diperhatikan agar meminta resep dokter untuk obat-obat tersebut untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut.

Bermain Game lah!

Penetian menunjukkan bahwa dengan bermain game, seperti puzzle, teka-teki silang, playstation, catur dsb dapat meningkatkan daya ingat anda agar tidak lekas menua. Permainan tersebut akan membuat pikiran anda tetap bekerja.

Teruslah Belajar!

Bila anda merasa bahwa kemampuan daya ingat anda semakin menurun, anda dapat meningkatkan kembali dengan membiasakan diri membaca atau belajar. Silakan baca artikel apapun yang menggugah minat anda untuk membacanya. Bila anda ingin berupaya lebih jauh, tentu saja anda boleh (jika menghendaki) mengambil kursus seperti bahasa, seminar, kegiatan belajar lainnya. Cara paling sederhana untuk melatih atau mempertahankan daya ingat anda adalah memulainya dengan hal kecil seperti mengingat nomor telepon, angka sederhana, password dsb.

Kembangkan Optimistis Pada Diri Anda

Optimistis akan membawa hal positif baik bagi kehidupan anda maupun keadaaan mental anda yang tentunya akan berpengaruh langsung kepada pikiran anda. Dengan kondisi positif seperti ini akan membuka ruang dipikiran anda  untuk selalu berpikiran jernih dan bahagia. Hal tersebut akan membantu anda menurunkan stress dalam hidup anda yang merupakan salah satu sebab menurunnya daya ingat anda.

Demikianlah beberapa kumpulan Tips & Cara Untuk meningkatkan Daya Ingat Anda, semoga kita semua senantiasa hidup berbahagia dan sehat.

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: , , ,