Home » Artikel Kesehatan » Mengapa Penyakit Lupus Berbahaya?

Mengapa Penyakit Lupus Berbahaya?

Tuesday, April 2nd 2013. | Artikel Kesehatan


Mengapa Penyakit Lupus Berbahaya?

Mengapa penyakit Lupus berbahaya?

Penyakit lupus adalah satu penyakit yang disebabkan oleh perubahan fungsi autoimun (kekebalan tubuh alami) pada manusia yang bekerja secara abnormal. Pada umumnya, autoimun dalam tubuh manusia bekerja membunuh dan melawan virus serta zat – zat berbahaya dalam tubuh. Tanpa adanya autoimun ini, manusia tidak akan dapat bertahan hidup karena akan sering terkena penyakit.

Akan tetapi fungsi autoimun pada penyakit lupus justru bekerja sebaliknya, dimana imun tubuh tersebut justru balik menyerang sel-sel tubuh manusia. Autoimun pada penderita lupus menjadi seakan ‘buta’ dan tidak dapat mengenali mana sel saja sehat dan jahat sehingga sel imun ini dapat menyerang organ – organ mana saja secara tidak menentu!

Mengapa penyakit Lupus berbahaya?

Hal Berbahaya Dari Penyakit LupusPenyakit lupus dapat menjadi sangat berbahaya apabila ia menyerang organ – organ vital dalam tubuh manusia seperti ginjal, jantung dsb. Bila sasaran yang diserang adalah ginjal maka penderita akan mengalami radang ginjal secara menahun. Bila sasaran yang diserang adalah otak maka akan menimbulkan radang otak dst.

Selain itu, penyakit lupus dapat mengacaukan sistem kerja sel darah merah, mengganggu trombosit serta berpotensi menimbulkan penghambatan aliran darah yang berimbas pada pembekuan darah dsb.

Penyakit lupus yang paling berbahaya adalah lupus bertipe Systemic Lupus Erythematosus (SLE). Untuk jenis-jenis penyakit lupus dapat membaca artikel sebelumnya mengenai Penyakit Lupus, Gejala, Penyebab & Jenis Penyakit Lupus. Lebih lanjut mengenai lupus tipe SLE memiliki resiko menyerang organ dalam seperti yang disebutkan. Meskipun demikian, dengan penanganan serta disiplin yang tepat dapat meminimalisir juga mengendalikan penyakit ini.

Uniknya, penyakit lupus dapat menghilang sesaat seolah penderita lupus sudah sembuh total. Pada kondisi demikian, penderita lupus dapat menikmati hidup mereka seperti layaknya orang sehat dengan tidak mengalami gangguan atau keluhan apa – apa. Akan tetapi tidak menjamin bahwa lupus telah hilang total mengingat obat untuk menyembuhkan penyakit ini masih dalam penelitian.

Sedangkan penderita lupus yang kebetulan mendapati lupus yang menyerang organ ginjal maupun syaraf, mereka harus mendapat penanganan secara medis dari ahlinya serta dijalani secara intesif.

Satu – satunya hal yang dapat dilakukan oleh penderita adalah dengan menjalani ‘disiplin hidup’ dalam artian menjalani pola hidup sehat, menghindari makanan tidak sehat, berolahraga teratur dan istirahat secukupnya. Bagi mereka yang mengikuti ‘instruksi – instruksi penting’ yang harus dipatuhi, penyakit lupus dapat ditekan atau ‘dibuat tidur’ dengan tidak menimbulkan masalah lebih serius bagi penderita, meskipun lupus tersebut tetap ada.

Demikianlah informasi mengenai Mengapa penyakit Lupus berbahaya? Semoga bermanfaat.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai penyakit lupus dapat mengunjungi situs berikut: Penyakit Lupus

Artikel Bahasa Indonesia lainnya mengenai:

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.