Home » Artikel Kesehatan » Cara Alami Mengatasi Insomnia

Cara Alami Mengatasi Insomnia

Sunday, November 4th 2012. | Artikel Kesehatan


Cara Alami Mengatasi Insomnia

Artikel Kesehatan – Pernah mendengar kata insomnia? Atau pernah melihat penyakit insomnia pada orang lain? Atau, bahkan juga Anda pernah dan sedang mengalami insomnia? Kalau begitu, artikel berikut tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda dalam mengatasi insomnia.

Insomnia adalah penyakit gangguan tidur di mana Anda sulit sekali untuk dapat tidur nyenyak meskipun sudah waktunya untuk tidur. Jadi, meski Anda mencoba memejamkan mata, pikiran Anda tetap aktif dan tidak mau beristirahat. Akibatnya, Anda kekurangan tidur di keesokan harinya. Selain itu, kurang tidur untuk jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan penyakit serius, salah satunya adalah penyakit jantung. Mengkonsumsi obat-obatan juga terkadang menimbulkan ketergantungan dan efek samping yang tidak baik. Jadi, bagaimana cara mengatasi insomnia dengan tepat?

Kiat Mengatasi Insomnia dengan Cara Alami

mengatasi insomniaBahan-bahan alami di sekitar kita ternyata cukup banyak yang bermanfaat untuk digunakan dalam mengatasi insomnia. Berikut ada beberapa bahan alami yang dapat mengurangi bahkan menghilangkan penyakit insomnia Anda sehingga Anda dapat tidur dengan nyaman dan nyenyak.

Daging Kalkun

Mengkonsumsi daging kalkun dapat berfungsi memudahkan timbulnya rasa kantuk mengingat kandungan asam amino triptofan yang terdapat di dalamnya. Jadi, ada baiknya jika Anda menyantap daging kalkun di malam hari agar pikiran Anda menjadi lebih rileks, tenang dan mudah tidur. Namun, bukan berarti Anda mengkonsumsinya setiap malam karena akan berpengaruh buruk terhadap berat badan. Lakukan selingan dengan bahan alami lainnya.

Minum Susu

Kandungan susu juga memiliki kesamaan dengan yang terdapat di dalam daging kalkun. Minum susu selain berguna untuk kesehatan tulang, ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi insomnia. Itu kemungkinan sebab yang terjadi pada bayi, yakni bayi sangat mudah tertidur ketika mereka sudah minum susu sebelumnya. Jadi, dengan minum susu di malam hari, Anda dapat lebih mudah mengantuk dan tidur.

Mengkonsumsi Buah Pisang

Buah pisang sudah kita kenal dapat melancarkan pencernaan dan banyak digunakan untuk menurunkan berat badan. Karena itu, mengkonsumsi buah pisang di malam hari tentu sah-sah saja untuk dilakukan tanpa harus mengalami kelebihan berat badan. Buah pisang memiliki kandungan hormon melatonin di dalamnya yang dapat mengirim sinyal bahwa sudah waktunya tidur kepada otak Anda. Oleh sebab itu, tambahkanlah menu pisang dalam jadwal makan malam Anda agar dapat mengurangi insomnia.

Minuman Teh Herbal

Jika kebanyakan orang biasanya minum teh di pagi hari, maka Anda menukarnya dengan minum teh herbal di malam hari. Pasalnya, teh herbal dapat memberikan efek ketenangan, kesegaran tubuh serta melancarkan aliran darah. Minum teh diharapkan dapat memerangi faktor yang menjadi penyebab insomnia itu sendiri. Sebaliknya dari minum kopi yang justru akan mempertahankan insomnia Anda, minumlah secangkir teh pada waktu malam.

Tentu, Anda juga perlu menghindari faktor yang menjadi penyebab insomnia seperti kebiasaan hidup yang tidak baik. Mulailah gaya hidup yang sehat dan hindari begadang sangat baik untuk menjaga kualitas tidur Anda!

Demikianlah informasi mengenai Cara Alami Mengatasi Insomnia. Semoga bermanfaat :-)

Artikel Bahasa Indonesia lainnya mengenai:

Cara Mengatasi Rambut Rontok [harap dibaca!]

Beberapa Manfaat & Tips Renang Untuk Bayi

TwitterFacebookGoogle+Blogger PostWordPressTumblrBagikan
tags: ,


200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@artikelbahasaindonesia.org and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.